2011/06/18

Percobaan "Single Operation" KRL Jabodetabek

          Pada hari Sabtu,18 Juni 2011 digelar percobaan untuk pola "Single Operation" yang akan diterapkan per 2 Juli 2011.Pola terbaru yang ditetapkan ini yaitu penghapusan KRL Ekspres dan diubah menjadi Commuter Line yang berhenti di tiap stasiun.Harga karcis tentunya berubah,yakni Rp 9.000 untuk rute Bogor - Jakarta Kota/Tanah Abang dan Rp 8.000 untuk rute Jakarta Kota/Tanah Abang/Manggarai - Bekasi/Serpong/Tangerang.Hal ini juga tentu dilakukan dengan pengurangan perjalanan KRL Ekonomi yang harga tiketnya masih Rp 2.000.Kali ini penulis mencoba untuk menikmati.

          Dimulai dari Stasiun Depok,penulis menumpang Commuter Line sampai Stasiun Juanda.Harga tiketnya memang mahal sekali!Rp 9.000 untuk pelayanan setingkat Ekonomi AC.Namun dengan harga tersebut,cukup pantas dibayar dengan kondisi rangkaian yang tak berdesak-desakan.
Suasana di dalam KRL Commuter Line




7122Fでジュアンダ駅へ着ました。(^O^)

            Rasanya tak lengkap jika hanya sekedar mampir.Penulis memutuskan untuk berburu sejumlah foto-foto di Stasiun Juanda...

Tokyo Metro 05 - 102F Commuter Line Jakarta Kota - Bekasi via Gambir
Toei 6000 - 6161F Commuter Line Jakarta Kota - Depok
          Setelah puas,penulis bergegas menuju loket untuk kembali ke Depok.Tak diduga,dampak Single Operation tidak hanya di dalam rangkaian.Tapi sudah terlihat di depan loket dan di peron!Dalam rangkaian juga terjadi hal serupa,penumpang berdesak-desakan sampai pintu harus diganjal.Bagaimana dengan Ekonomi?Sudah pasti lebih parah...



          Pada saat artikel ini ditulis,penulis mendapatkan kabar bahwa salah satu rangkaian Commuter Line telah dirusak oleh penumpang yang menumpahkan kekesalannya secara brutal karena rangakaian KRL Ekonomi yang terlambat.Inikah bukti yang menyanggah bahwa orang Indonesia ramah??

          Nasi sudah menjadi bubur basi,itulah ungkapan yang pantas untuk peristiwa ini.Sudah seharusnya pemerintah memperbaiki hal-hal yang cenderung "kecil" sebelum bergerak untuk langkah "besar".Begitu pula dengan para penumpang.Kecewa itu hal yang biasa sebagai  manusia,komplain itu merupakan hak.Namun harus dilandasi akal sehat dalam bertindak supaya tidak merugikan orang lain.Itulah harapan dari penulis semoga KRL Jabotabek dapat melayani seluruh penumpang dengan optimal.

JANGAN TUNGGU SAMPAI APARAT BERTINDAK KASAR KARENA ANDA BERMAIN-MAIN DENGAN HUKUM!!!

Sumber:
Arsip Pribadi
Pascal Fajrin,Railfans Indonesia
Yudi Ardiyanto,Railfans Indonesia
Mas Dicky,Railfans Indonesia

3 comments:

  1. permisi. apa boleh saya pinjam fotonya untuk digunakan di presentasi saya untuk kuliah? terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. Tentu saja,silahkan...Asal menyebutkan sumbernya saja :)

    ReplyDelete