2012/01/28

8604F ,Japanese EMU with Europe Taste

          Kali ini saya kembali membahas rangkaian Seri 8500.Jika pada sebelumnya membahas armada Seri 8500 milik KCJ,sekarang saya membahas Seri 8500 milik PT.KAI.Sesuai judul,yang menjadi pokok bahasan adalah 8604F.Rangkaian ini merupakan bekas armada Tokyo Kyuko Electric Railway (東京急行電気鉄道 / Tokyo Kyuko Denki Tetsudo) yang pertama kali masuk Indonesia pada 2006 bersamaan dengan 8608F dan 8611F.Sejak tahun 1975 rangkaian ini sudah berkali-kali mengalami perubahan susunan rangkaian.Namun kereta-kereta penyusun 8604F sejak pertama kali diproduksi tidak ada yang mengalami perubahan.Berikut perubahan rangkaian 8604 hingga saat ini.

1975 : Mc8604-M8704-T8904-Mc8504

1976 : Mc8604-M8704-T8904-M8804-Mc8504

1978 : Mc8604-M8704-T8904-M8825-M8719-T8921-M8804-Mc8504

1981 : Mc8604-M8704-T8904-M8825-M8719-T8909-M8804-Mc8504
          
1986 : Mc8604-M8704-T8904-M8898-M8794-M8825-M8719-T8909-M8804-Mc8504
          
2006 : Mc8604-M8704-T8904-M8825-M8719-T8909-M8804-Mc8504

          Beroperasi sejak 27 Juli 2006,sebenarnya 8604F memiliki 2 variasi skema.Mengingat keterbatasan arsip,saya hanya bisa menampilkan satu variasi dari skema 8604F ini.
8604F Skema Hijau-Kuning,Stasiun Manggarai
          Keunikan dari 8604F adalah masih digunakannya sistem MG (Motor Generator) untuk sistem traksi Choppernya,sedangkan rangkaian Seri 8500 yang lainnya sudah menggunakan SIV (Static Inverter).Walaupun merupakan teknologi yang "outdated" namun dianggap memiliki ketahanan yang lebih baik,terlebih dengan sulitnya mencari pengganti SIV jika mengalami kerusakan.Yang lain dari 8604F adalah klakson KRL BN-Holec yang terpasang di Mc8504 setelah mengalami tabrakan di Cipinang beberapa tahun lalu.BN-Holec sendiri adalah KRL yang dibuat berdasarkan kerjasama antara PT.INKA dan Bombardier.Berikut adalah video dari 8604F yang menggunakan klakson BN-Holec.
Video : Faris Fadhli
          Tambahan,tepat pada 28 Januari 2012 telah dilaksanakan ujicoba rangkaian Seri 8500-8604F.Tidak ada perubahan mendasar pada skema seperti yang sudah ada pada seri 8500 yang lain dengan warna biru - kuning.Dengan berubahnya skema 8604F,berakhir sudah era hijau-kuning ala Balai Yasa Manggarai pada Seri 8500.Keunikan yang baru saja saya temui adalah dipasangnya rolling display pada 8604F berlambangkan logo baru PT.KAI.Berikut dokumentasi saya pada hari ini.


8604F PAL Dipo Depok 29 Desember 2011

Persiapan masuk Stasiun Depok

Percobaan . Trial Run . 試運転。

          Demikian informasi yang bisa saya berikan,mohon maaf bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan artikel.Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Arsip :
Arsip Pribadi

No comments:

Post a Comment